Ranah Pendidikan Sains: Sosoknya Saat Ini
Abstract
Kajian ini bertujuan mencandra sosok bidang pendidikan sains saat ini dengan menelaah judul-judul artikel yang diterbitkan di dalam dua jurnal internasional yang sanat berpengaruh dalam dunia pendidikan sains yaitu 'Science Education' dan 'Journal of Research in Science Teaching', dan judul-judul makalah yang disajikan dalam pertemuan tahunan the American Educational Research Association (Aera) di Chacago, bulan Maret 1997. Judul-judul artikel dan makalah kemudian dikelompokkan ke dalam sejumlah suku ranah pendidikan sains secara apriori dengan sejauh mungkin memperhatikan pembidangan yang digunakan dalam ERIC Thesaurus. Hasil kajian menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran yang cukup berarti dalam pemilihan ranah kajian pendidikan sains. Suku-suku ranah yang banyak menarik perhatian para penulis/peneliti pendidikan sains adalah pemahaman konsep, 'melek' sains (scientific literacy) dan teori pendidikan sains yang didominasi oleh teori pemrosesan informasi.