PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL MELALUI TEMBANG DOLANAN SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI
Abstract
bstract: This writing aimed to describe moral values that was found in tembang dolanan. Moral values that was found in tembang dolanan can be used as one of the facilities alternatif of character for early childhood. Typical tembang dolanan that singing in the wonderful atmosphere of the play is very suitable for children. The expected results by studying the tembang dolanan kids able to see then feel and ultimately behave in accordance with the moral values that are expected. The moral intelligence of children ready to confront and solve problems within the context of the meaning and value of life that more widespread and universal. Moral intelligence is a necessary foundation to enable IQ, EQ and effectively. Moral intelligence helps boost the formation and maturation of behavior that will ultimately drive the use of other intelligence capabilities for the positive things.
Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk medeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam tembang dolanan. Nilai-nilai moral yang terdapat dalam tembang dolanan dapat dijadikan salah satu sarana alternatif pendidikan karakter bagi Anak Usia Dini. Ciri khas tembang dolanan yang dinyayikan dalam suasana bermain yang menyenangkan sangat cocok untuk anak. Hasil yang diharapkan dengan mempelajari tembang dolanan anak-anak mampu mengetahui kemudian merasakan dan pada akhirnya berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moral yang diharapkan. Dengan kecerdasan moral anak lebih siap untuk menghadapi dan memecahkan masalah dalam konteks makna dan nilai-nilai hidup yang lebih luas dan universal. Kecerdasan moral merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ, dan EQ secara efektif. Dorongan kecerdasan moral membantu pembentukan dan pematangan perilaku yang pada akhirnya akan mengarahkan penggunaan kemampuan kecerdasan lainnya untuk hal-hal yang positif.
Kata Kunci: nilai-nilai moral, tembang dolanan, pendidikan karakter