BERPIKIR PSEUDO SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PISA
Abstract
Abstrak: Penelitian kualitatif ini mendeskripsikan berpikir pseudo siswa dalam memecahkan masalah PISA. Berpikir pseudo disimpulkan dari jawaban tertulis dan transkrip think aloud siswa yang selanjutnya direduksi dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya berpikir pseudo siswa dalam memecahkan masalah PISA meliputi: 1) berpikir pseudo dalam memahami masalah disebabkan karena siswa menyelesaikan masalah dengan proses berpikir secara spontan dimana siswa menerjemahkan katakata atau kalimat yang terdapat pada masalah secara langsung tanpa memahami maknanya, 2) berpikir
pseudo dalam memilah dan mengaitkan informasi terjadi ketika siswa tidak mampu menentukan informasi yang ia butuhkan untuk memecahkan masalah, 3) berpikir pseudo dalam memilih strategi penyelesaian masalah terjadi ketika proses mengingat prosedur secara samar-samar yang kemudian diterapkan pada masalah, dan 4) berpikir pseudo dalam mentransformasi masalah menjadi bentuk matematika terjadi karena kurangnya pengetahuan awal yang dimiliki dan ketidaklengkapan substruktur berpikir siswa.
Kata kunci: berpikir pseudo, pemecahan masalah, PISA