PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X SMK Kesehatan Al-Yasini Pasuruan.
Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2014-2015. Prosedur penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari identifikasi masalah, perencanaan, Pelaksanaan dan observasi, serta Refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari hasil pengerjaan LKS, kuis, tes akhir, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan penalaran matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik. Selain itu, hasil kuis dan tes akhir juga menjadi penentuan keberhasilan dalam penelitian ini. Hasil kuis pada siklus I secara klasikal mencapai 73,91% dan tes akhir siklus I mencapai 65,21%. Sedangkan pada siklus II hasil kuis secara klasikal
mencapai 85% dan tes akhir siklus II mencapai 80%. Hal ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dikatakan berhasil sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.
Kata kunci: Penemuan terbimbing, Penalaran matematika