Model Konseptual Pengembangan Efikasi Mengajar Calon Guru Jurusan Pendidikan Ekonomi
Abstract
Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh (1) persiapan program pembelajaran; (2) sikap terhadap profesi guru; dan (3) pengalaman mengajar terhadap efikasi mengajar. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang melakukan micro teaching. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan program pembelajaran, sikap terhadap profesi guru, pengalaman mengajar, dan efikasi mengajar baik. Terdapat pengaruh positif persiapan program pembelajaran terhadap efikasi mengajar secara langsung maupun tidak langsung melalui pengalaman mengajar. Terdapat pengaruh positif persiapan program pembelajaran terhadap efikasi mengajar melalui sikap profesi guru, dan terdapat pengaruh yang positif sikap profesi guru terhadap efikasi mengajar baik langsung maupun melalui pengalaman mengajar
Keywords
efikasi mengajar, persiapan program pembelajaran, profesi guru, pengalaman mengajar