PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENDEKATAN JAS UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP
Abstract
Abstrak: Pendidikan kecakapan hidup merupakan salah satu
upaya peningkatan mutu pendidikan. Esensi pendidikan
kecakapan hidup adalah untuk meningkatkan relevansi
pendidikan dengan nilai-nilai kehidupan nyata, baik preservatif
maupun progresif. Relevansi antara keduanya mengarahkan
pada pendidikan yang lebih bersifat realistis dan kontekstual.
Bentuk pembelajaran geografi JAS berpotensi dan ber
kontribusi untuk mengembangan kecakapan hidup peserta
didik. Hal ini dikarenakan karakteristik dan komponen
pendekatan JAS dapat mendukung pengembangan domain
utama dalam kecakapan hidup, baik domain kecakapan hidup
umum (general) maupun kecakapan hidup khusus (spesifik).
Keberhasilan pengembangan kedua domain kecakapan hidup
peserta didik melalui pembelajaran di kelas sangat
tergantung pada kreativitas guru dalam mendesain bentuk
pembelajaran bagi peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendekatan JAS, Pendidikan
Kecakapan Hidup
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/pg.v16i1.5547
Jurnal Pendidkan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats