PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMP

Ida Kaniawati

Abstract


Abstract: The research focused on improvement of mastery of physics concepts through the use cooperative learning  Student Teams Achievement Divisions (STAD). It was conducted at a junior high school in Bandung. The purpose was to compare the increase in the mastery of physics concepts between students who experienced  lessons using  STAD  with students who experienced lessons using traditional method. The research design was experimental with pretest-posttest control group design.The results showed an average gain of the experimental class was greater than the control class. Thus, the use of cooperative learning STAD was more effective in improving the mastery of physics concepts than the control group.

Abtrak: Studi ini berfokus pada peningkatan penguasaan konsep fisika melalui pe­ne­rap­an pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilakukan di sebuah SMP di Bandung. Tujuan utama penelitian adalah mem­ban­ding­kan pe­ning­katan penguasaan konsep fisika antara siswa yang mengikuti pebelajaran kooperatif STAD dengan siswa  yang mengikuti pembelajaran tradisional. Desain penelitian adalah eksperimen dengan pretes-postes dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rerata dalam penguasaan konsep fisika pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan  pebelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika daripada penggunaan metode tradisional.