Validasi Paket Tutorial Termodinamika Berbasis Penyelesaian Eksplisit untuk Mahasiswa Jurusan Fisika
Abstract
Abstract: The study aimed to validate thermodynamics tutorial packet to increase students’ problem solving skills. The packet included preface, summary, examples of problem solving cases. The study used pretest-posttest group design. Number of experiment group was 42 students and control group was 36 students. The t-test of pretest-score showed that no differences in means. Means of posttest-score of experiment group is 79.60 and control group is 65.90. The t-test of posttest-score shows differences inmeans. The study showed that the tutorial packet could develop students’ reasoning for self study and has positive impact in increasing problem solving skills of students.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi paket tutorial termodinamika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa. Paket meliputi uraian singkat, ringkasan dan contoh soal dan penyelesaiannya. Validasi produk menggunakan desain pretes-postes kelompok kontrol. Jumlah kelompok eksperimen sebanyak 42 mahasiswa dan kelompok kontrol sebanyak 36 siswa. Tes t skor pretes menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara kedua kelompok. Rerata skor postes kelompok eksperimen adalah 79,60 dan kelompok kontrol 65,90. T-test menunjukkan perbedaan yang berarti. Oleh karena itu disimpilkan bahwa paket tutorial dapat mengembangkan penalaran mahasiswa dalam belajar mandiri dan berdampak positif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa.