Evaluasi Pembelajaran Dalam Rangka Peningkatan Layanan Akademik Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pembelajaran dalam rangka peningkatan layanan akademik pada jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Dari hasil penelitian diperoleh: Indek prestasi akademik (IP) yang sangat memuaskan berturut-turut dari masukan PMDK (66,7%), SPMB (65,6%), madiri I (49,5%), PMDK Non Reguler (32,14%) dan mandiri II (22,8%). Ditinjau dari penghasilan orang tua, didapat bahwa IP mahasiswa tidak signifikan berbeda antar faktor penghasilan orang tua mahasiswa (p-value = 0,00). Perbedaan prestasi belajar mahasiswa bila ditinjau dari asal sekolah dapat diketahui bahwa secara umum untuk IPK SMA Negeri relatif lebih unggul sedikit bila dibanding dengan IPK mahasiswa asal sekolah SLTA yang lain. Di mana prosentase jumlah mahasiswa dari lulusan SMA Negeri sebanyak 43,6%, kemudian SMA swasta 28%, SMK Negeri 13%, SMK swasta 8,5%, MA Negeri 4,3% dan sisanya dari MA swasta dan SMEA. Secara umum prestasi mahasiswa dari prodi Pendidikan Teknik Otomotif (S1 PTO) relatif lebih tinggi sedikit dari pada prodi Pendidikan Teknik Mesin (S1 PTM), maupun program studi Teknik Mesin (D3). Dari latar belakang pendidikan dosen dalam memberikan penilaian terhadap mahasiswa, dapat diketahui bahwa dosen yang bergelar doktor dalam memberikan nilai di atas nilai B sebanyak 595 atau 595/961X 100% = 86% , sedangkan yang berlatar belakang magister sebanyak 1684 atau 1684/2914 X 100% = 57,8%, dan yang bergelar sarjana sebanyak 185 atau 185/419 X 100% = 44,2%. Tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan skripsi pada pengerjaan Bab III yakni 60,53% dan Bab I 48,57%. Tingkat kepuasan pengguna laboratorium meliputi : fasilitas praktik, pelayanan, dan lingkungan kerja
Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, layanan akademik