Peningkatan Pemahaman Mata Kuliah Pneumatik dan Hidrolik dengan Bantuan Movie Clip Macromedia Flash Mx Multimedia dan Bentuk Kerangka Model
Abstract
Pembelajaran Mata kuliah Pneumatik dan Hidrolik yang digunakan selama ini media yang paling umum digunakan OHP. Hal ini dirasakan kurang dapat memberikan pemahaman yang optimum kepada mahasiswa. Karena OHP tidak dapat memberikan visualisasi aliran fluida pada sistem Hidrolik atau Pneumatik maupun cara kerja dari komponen komponen Hidrolik dan Pneumatik. Hal ini menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam merancang, menggambar dan merakit sistem Pneumatik atau Hidrolik. Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pneumatik dan sistem hidrolik, media pembelajaran dikembangkan oleh animasi menggunakan Klip Video Makro Media Flash MX dan model pneumatik. Dengan animasi, aliran fluida, cara kerja komponen dan juga pneumatik dan sistem hidrolik bisa divisualisasikan dengan baik. Upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada sistem pneumatik dan hidrolik dan siswa mudah merancang, menggambar dan perakitan pneumatik dan hidrolik. Kemudian, file animasi didokumentasikan pada hard disk komputer atau CD-ROM untuk belajar mandiri. Pemodelan masalah dalam simulasi sistem pneumatik disediakan representasi nyata pada sistem kontrol pneumatik. Dengan demikian, masalah ini bisa meningkatkan kemampuan siswa pada sistem pneumatik. Hasil evaluasi media pembelajaran baru menggunakan animasi dan model pneumatik menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata siswa kelas 'sama dengan 15,2% untuk A%, 19,2 untuk penurunan AB dan B grade ke 4% dan BC sekitar 30,3%. Siswa apresiasi pada subjek sangat baik yang disediakan oleh 99% dari siswa kehadiran. Hasil pada kuisioner yang diberikan kepada siswa menyatakan bahwa belajar dengan animasi lebih baik dari OHP.
Keywords
pneumatic dan hydraulic, OHP, animasi