Akademic Entry Level Mahasiswa Kelompok Bidang MIPA dan Teknologi Berdasarkan Jenis dan Status Asal Sekolah serta Sistem Seleksi Masuk di Universitas Negeri Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa dan membandingkan academic entry level mahasiswa kelompok bidang MIPA dan Tekhnologi di UM, berdasarkan sistem seleksi masuk, jenis dan status asal sekolah. Penelitian ini dirancang dalam bentuk deskriptif-komparatif. Sampel terdiri atas 440 mahasiswa yang diterima lewat PMDK dan UMPTN yang ditetapkan berdasarkan stratified propostional random sampling. Data dikumpulkan dengan dokumenter dan wawancara dan dianalisis dengan statistik deskriptif (rerata) dan inferensial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara umum academic entry level mahasiswa kelompok bidang MIPA dan Teknologi termasuk dalam kategori cukup sampai rendah; (2) Secara rinci indikatornya berdasarkan: (a) Sistem seleksi, rerata nilai rapor lebih tinggi daripada NEM, baik pada mahasiswa PMDK maupun UMPTN dan NEM mahasiswa UMPTN lebih tinggi daripada PMDK; (b) Jenis asal sekolah, rerata nilai rapor MA lebih tinggi daripada SMU dan SMK, NEM SMU lebih tinggi daripada MA dan SMK pada bidang MIPA, dan NEM SMK lebih tinggi daripada SMU dan MA pad bidang Teknologi; dan (c) Status asal sekolah, rerata nilai rapor sekolah swasta lebih tinggi daripada sekolah negeri dan NEM sekolah negeri lebih tinggi daripada sekolah swasta, dan (3) Tidak ada perbedaan academic entry mahasiswa kelompok bidang MIPA dan Teknologi di UM.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v26i2.380
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats