HUBUNGAN KECAKAPAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN LOGIKA DENGAN KEBERHASILAN DALAM PRAKERIN SISWA SMK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengungkap signifikansi hubungan antara: (1) kecakapan sosial (X1) dengan keberhasilan prakerin (Y); (2) kemampuan logika (X2) dengan keberhasilan prakerin (Y); dan (3) kecakapan sosial (X1) dan kemampuan logika (X2) dengan keberhasilan prakerin (Y). Penelitian dilakukan pada siswa SMK TKJ di Kota Blitar dengan sampel penelitian 161 siswa. Pengumpulan data X1 menggunakan angket tertutup, X2 menggunakan tes logika, dan Y menggunakan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis regresi ganda berbantuan SPSS 16. Hasil penelitian: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y. Sumbangan relatif X1 dengan
Y sebesar 47,47% dan sumbangan relatif X2 dengan Y sebesar 52,53%.
Y sebesar 47,47% dan sumbangan relatif X2 dengan Y sebesar 52,53%.
Keywords
kecakapan sosial; kemampuan logika; keberhasilan dalam prakerin
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i1.4595
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats