PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKERIN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran prakerin Keahlian Teknik Bangunan SMK yang meliputi pelaksanaan pembekalan, bidang dan bobot pekerjaan, kompetensi keahlian, pelaksanaan pembelajaran, pelaporan, penilai-an, dan kendala-kendala. Data diambil menggunakan angket disertai wawancara de-ngan 21 guru dari tujuh SMK dan dua instruktur dari projek bangunan di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembekalan umumnya dilakukan sebatas peng-arahan, (2) bidang pekerjaan telah disesuaikan dengan keahlian siswa tetapi belum ada ketentuan bobot tugas; (3) sedikit ditemukan panduan jenis kompetensi bagi sis-wa; (4) tugas siswa sebagian besar diserahkan kepada instruktur, tetapi tidak semua siswa belajar kepada instruktur; (5) laporan prakerin masih bervariasi; (6) penilaian lapang dilakukan oleh instruktur; dan (7) kendala utama adalah mendapatkan instruk-tur yang mampu mengajar dan menilai kinerja siswa.
Keywords
pembelajaran; prakerin; teknik bangunan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i1.4599
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats