KONTRIBUSI KETERLIBATAN SISWA DI UNIT PRODUKSI DAN EMPLOYABILITY SKILLS TERHADAP SELF EFFICACY SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BEKERJA SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi: (1) keterlibatan siswa di Unit Produksi/Jasa (UPJ) dan employability skill secara simultan dan parsial terhadap self efficacy; (2) secara simultan dan parsial antara keterlibatan siswa di UPJ, employ-ability skills, dan self efficacy terhadap minat bekerja. Penelitian ini adalah jenis sur-vei korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahli-an TKJ di Malang Raya. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dianalisis de-ngan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah keterlibatan siswa di UPJ dan employ-ability skills secara simultan berkontribusi terhadap self efficacy sebesar 54,60%. Ke-mudian keterlibatan siswa di UPJ, employability skills, dan self efficacy secara simul-tan berkontribusi terhadap minat bekerja siswa sebesar 53,80%. Variabel keterlibatan siswa di UPJ, employability skills, dan self efficacy masing-masing juga berkontribusi terhadap minat bekerja.
Keywords
pendidikan kejuruan; unit produksi/jasa; keterlibatan siswa; employability skills; self efficacy; minat bekerja; siswa SMK
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i2.4878
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats