ANALISIS PELAKSANAAN PRAKERIN SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI MALANG RAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis pelaksanaan prakerin. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK program keahlian Tata Busana di Malang Raya kelas XII se-jumlah 329 siswa. Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh, sedangkan tek-nik analisis menggunakan analisis deskriptif (kategorikal). Hasil penelitian menun-jukkan: sarpras dalam kategori relevan menurut 161 siswa (48,94%), pembimbingan cukup relevan 166 (50,64%), kompetensi cukup relevan 147 (44,64%) dan peran sis-wa relevan 184 (55,93%). Hal ini masih kurang dari yang diharapkan. Saran: (1) in-dustri agar berperan aktif dalam hal pembimbingan dan memberikan kesempatan ke-pada siswa SMK program keahlian Tata Busana untuk memperoleh kompetensi se-suai standar kebutuhan tenaga kerja; dan (2) pihak sekolah menjalin kerjasama de-ngan Du/Di yang diimplementasikan dalam pelaksanaan prakerin.
Keywords
pelaksanaan prakerin; siswa SMK; Tata Busana
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i1.6647
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats