MAGANG INDUSTRI UNTUK MENINGKATKAN RELEVANSI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PRODUKTIF SMK

Sunardi Sunardi, Dwi Agus Sudjimat

Abstract


Guru produktif di SMK dituntut memiliki kompetensi yang relevan dengan per­­kembangan IPTEK dan kebutuhan dunia kerja. Tuntutan tersebut dapat dipenuhi me­­­lalui kegiatan magang industri yang relevan. Jika hal ter­sebut tidak mungkin, maka SMK bisa mendatangkan SDM ahli dari industri untuk mem­berikan pelatihan bagi guru-guru produktifnya, atau memberikan kesempatan ke­pada guru produktif yunior un­tuk magang kepada guru produktif senior. Melalui ma­gang industri profesionalitas guru semakin meningkat yang ditandai dengan ke­mam­puannya membelajarkan siswa se­suai dengan tuntutan dunia industri. Di samping itu, ke­mampuan guru untuk me­ngem­bangkan karirnya pada bidang pendidikan kejuruan juga akan semakin me­ning­kat. Pembahasan masalah ini ditinjau dari aspek karak­te­ris­tik guru, aspek legal pe­ngem­­­bangan profesionalitas  guru, dan makna dan model ma­gang in­dustri. Di­sim­pul­kan bahwa  magang industri merupaka salah satu cara efektif un­tuk meningkatkan pro­­fesionalitas Guru

Keywords


magang industri; guru produktif; SMK

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7791

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats