KEEFEKTIFAN GURU, KETERTARIKAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Gunawan Gunawan, Amat Mukhadis

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memetakan tingkat keefektifan guru ma­te­ma­ti­ka SMK dan kemenarikan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode  pen­­dekatan saintifik pada kurikulum 2013. Metode penelitian menggunakan des­­kriptif dengan subjek penelitian guru matematika dan siswa SMK yang me­­­nerapkan kurikulum 2013 se Malang Raya. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan: kuesioner, wa­­wancara, dan data dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan Guru Matematika SMK: persiapan pembelajaran efektif (62,40%); penerapan pembelajaran kurang efektif (47,00%) Siswa SMK: kurang tertarik pada aspek persiapan pem­bel­ajar­­an (52,86%); dan kurang tertarik pada pe­nerapan pembelajaran (50,13%).

Keywords


keefektifan pembelajaran guru; kemenarikan pembelajaran bagi siswa; pendekatan saintifik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i1.9659

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats