PENGARUH ASPEK SOSIAL PSIKOLOGIS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU SMK DI JURUSAN TE FT UM
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap aspek muatan kurikulum sosial psikologis yang paling berpengaruh terhadap kesiapan calon guru Sekolah Menengah Kejuruan. Selain kemampuan psikologis, menurut observasi awal variabel Kemampuan pedagogik yang selama ini menjadi salah satu prasyarat untuk guru sertifikasi juga memberikan implikasi positif kepada calon guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 40 calon pendidik yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah nontest (angket) untuk menjaring variabel muatan kurikulum yang berkolerasi. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda dan regresi ganda.
Keywords
kurikulum; sosial psikologis; kemampuan pedagogik
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i1.9661
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats