Pengembangan Bahan Ajar Manajemen Proyek Konstruksi Berbasis Social Science Inquiry guna Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dan Kualitas Pembelajaran Prodi Teknik Sipil

Suparno Suparno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan perangkat bahan ajar matakuliah Manajemen Proyek Konstruksi di Jurusan Teknik Sipil  dengan metode Social Science Inquiry, dan (2) Mengetahui hasil validasi perangkat bahan bahan oleh akhli bidang studi, ahli pembelajaran, dosen  pengajar  dan mahasiswa terkait dengan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dan jenis data yang diperoleh untuk menyempurnakan bahan ajar hasil pengembangan  bersifat kuantitatif dan kualitatif. Validator dalam pengembangan bahan ajar ini adalah (1) seorang akhli pembelajaran, minimal S2 TEP, (2) seorang praktisi manajemen proyek konstruksi, minimal pengalaman 5 tahun sebagai manajer proyek, dan (3)  8 orang dosen pengajar matakuliah manajemen proyek konstruksi. Disamping itu juga dipilih 8 orang mahasiswa jurusan Teknik Sipil yang pernah menempuh matakuliah Manajemen Proyek Konstruksi sebagai validator bahan ajar. Hasil analisis validitas untuk Bahan Ajar adalah sebesar 83,00%,  Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 81,11% dan Bahan Ajar oleh Mahasiswa sebesar 81,25%. Dari hasil validitas tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid