Kajian dan Pengembangan Standar Sarana Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

Dian Ariestadi

Abstract


Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu unsur dalam keseluruhan sistem pendidikan nasional di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan kajian dan analisis kebutuhan sarana pembelajaran di sejumlah TK di Indonesia, baik TK Negeri Pembina, TK Negeri, dan TK Swasta. Kajian dan analisis akan mengacu pada sejumlah kompetensi dasar, hasil belajar, dan jenis kegiatan TK (kurikulum TK) serta aturan dan persyaratan yang berlaku untuk perancangan sarana peralatan pembelajaran. Hasil penelitian adalah Standar Sarana Bermain/ Pembelajaran Taman Kanak-kanak, yang memuat ketentuan-ketentuan atau persyaratan tertulis sesuai dengan kajian perancangan teknisnya. Hasil analisis menunjukan bahwa prosentase terbesar metode pembelajaran untuk mencapai indikator keberhasilan pembelajaran TK yang digunakan adalah penyampaian guru secara langsung melalui metode bercerita dan bercakap-cakap dengan memanfaatkan media-media pembelajaran yang berupa media visual atau media bergambar, buku dan model-model atau miniatur obyek. Hasil kajian spesifikasi desain/rancangan terdapat 94 media atau peralatan pembelajaran untuk mendukung kurikulum belajar mengajar sesuai indikator pencapaiannya.