Pengembangan Bahan Ajar Matadiklat Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (PDTB) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Pendekatan Strategi Penyampaian Pemecahan Masalah

Bambang Widarta, Made Wena, Priyono Priyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat  bahan ajar yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui peningkatan kualitas pembelajaran matadiklat Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (PDTB) dengan menggunakan strategi pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan mixing methods melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pengembangan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar matadiklat Pengetahuan Dasar Teknik Bangunann (PDTB), untuk siswa SMK kelas XI. Bahan ajar ini terdiri dari  bahan ajar untuk pegangan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan bahan ajar pegangan siswa.