Pengembangan Bahan Ajar Praktik Kejuruan Inovatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Teknik Bangunan

Suparno Suparno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menyusun bahan ajar praktik  yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik kognitif maupun psimotorik,  dengan  menggunakan kombinasi dua strategi pembelajaran yaitu Training Within Industry (TWI) dan Laboratory Training (LT). Desian penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan. Berdasarkan prosedur pengembangan tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar mata diklat praktik yaitu (a) Teknik Konstruksi Kayu, (b) Teknik Konstruksi Batu dan Beton, (c) Teknik Gambar Bangunan, dan (d) Teknik Perabot Kayu  pada Jurusan Teknik Bangunan SMK yang berbasis  strategi  pembelajaran inovatif TWI dan LT, untuk kelas XI. Bahan ajar ini terdiri dari bahan ajar untuk pegangan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan bahan ajar pegangan siswa berupa lembar kerja siswa/job sheet.