Manajemen Perawatan Gedung Fasilitas Umum Di Kota Malang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pemeliharaan dan perawatan bangunan yang berfungsi sebagai fasilitas umum dan sosial di Malang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif , yang bertjuan mendeskripsikan pola manajemen perawatan gedung yang berfungsi sebagai fasilitas umum. Data dikumpulkan dengan teknik survey Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sistem perawatan bangunan pasar di lakukan pada semua komponen bangunan, dimana pelaksaanaannya lebih ditekankan pada perawatan perbaikan dan pembaharuan komponen bangunan, (2) strategi perawatan gedung yang bersifat berat seperti komponen teknik sipil, elektrikal utama, mekanikal dan keamanan perawatannya dilakukan secara contracting, (3) dilihat dari waktu perawatan ada 4 komponen bangunan yang dilakukan proses perawatan secara teratur dan 5 komponen bangunan yang dilakukan proses perawatan secara tidak teratur (tergantung kerusakan yang terjadi), (4) jumlah dan tingkat kualifikasi keahlian personel yang dilibatkan dalam setiap kegiatan perawatan bangunan gedung pasar sangat tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi, (5) struktur organisasi perawatan pasar menggunakan struktur organisasi fungsional, (6) dana perawatan gedung pasar bersumber dari dana Pemda Kota Malang.