Manajemen Perawatan Gedung Fasilitas Umum Di Kota Malang

Bambang Revantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pemeliharaan  dan perawatan bangunan yang berfungsi sebagai fasilitas umum  dan sosial di  Malang. Penelitian ini tergolong  penelitian deskriptif , yang  bertjuan  mendeskripsikan pola manajemen perawatan  gedung yang berfungsi sebagai fasilitas umum. Data dikumpulkan dengan teknik survey Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sistem perawatan bangunan pasar di lakukan pada semua komponen bangunan, dimana pelaksaanaannya lebih ditekankan pada perawatan perbaikan dan pembaharuan komponen bangunan, (2) strategi perawatan gedung yang bersifat berat  seperti komponen teknik sipil, elektrikal utama, mekanikal dan keamanan  perawatannya dilakukan secara contracting, (3) dilihat dari waktu perawatan ada 4 komponen bangunan  yang dilakukan proses perawatan secara teratur dan 5 komponen  bangunan yang dilakukan proses  perawatan   secara  tidak teratur  (tergantung  kerusakan yang terjadi), (4) jumlah  dan tingkat kualifikasi keahlian personel yang dilibatkan dalam setiap kegiatan perawatan bangunan gedung pasar  sangat tergantung dari  tingkat kerusakan yang terjadi, (5) struktur organisasi  perawatan pasar menggunakan struktur organisasi fungsional, (6) dana perawatan gedung pasar bersumber dari dana Pemda Kota Malang.