Berbagai Pendekatan Dalam Kurikulum SMK 2004

Mukadi Mukadi

Abstract


Sampai dengan berakhirnya abad ke-20 pembangunan sumberdaya manusia di hampir diseluruh wilayah Indonesia, ternyata belum mengarah kepada kondisi yang diharapkan. Kondisi yang demikian  tentu merupakan akibat langsung tidak sistematisnya pelaksanan pendidikan Indonesia, sehingga  belum mampu meningkatkan kualitas SDM. Untuk mengantisipasi tuntutan dan permasalahan tersebut di atas, maka upaya-upaya pembangunan harus memberi prioritas pada upaya peningkatan kualitas SDM. Diperlukan kemauan yang keras untuk mengubah pola pikir dalam mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan melalui reposisi (penataan ulang) agar dapat mengejar ketertinggalan dalam penyiapan SDM berkualitas.  Mengingat hal tersebut, maka mulai tahun ajaran 2005/2006 ini, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK diterapkan berbagai pendekatan dalam kurikulum SMK.