Pengaruh Strategi Pembelajaran Mandiri, Self Regulated Learning, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Praktik Produktif Peserta Didik di SMK

Sutikno Sutikno

Abstract


Abstrak:Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji teori yang diarahkan pada upaya meningkatkan kualitas pembelajaran praktik produktif di sekolah menengah kejuruan (SMK). Desain pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi dan menjawab tatangan ke depan bagi sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen nonequivalent control group design secara faktorial. Subyek penelitian peserta didik kelas XI SMK dengan N = 128. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik Ancova tiga jalur dengan faktorial 2x2x2 satu kovariat. Hasil analisis pengujian hipotesis diperoleh adanya pengaruh yang signifikan. Dibuktikan secara umum hipotesis statistik (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi kajian berikutnya.

Kata-kata kunci: Strategi pembelajaran mandiri, hasil belajar praktik produktif.

Abstract: The research has objective is examine the theory to improve the quality of productive practice instructional in vocational high school. The desaign of instructional can become the solution to answer the future challange in vocational high shool. The research used experimental desaign is nonequivalent control group desaign by factorial. The subject of this research is elevan grade learners in vocational high school with N = 128. Analysis technique data using statistic technique Ancova three lanes with a factorial 2x2x2 single covariat. The analysis results of hypothesis experiment is got by the existence of the effect of significant. In the case, that generally statistic hypothesis (H0) is refused and research hypothesis (H1) is received. The results of this research are hopped to be meaningful as a reference in examine.

Key Words: Independent instructional strategy, the practical skills.