KENYAMANAN TERMAL BANGUNAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN ORIENTASI BANGUNAN

Lutfi Lailatul Rizki Imam Alfianto Haris Anwar Syafrudie

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kenyamanan termal siswa di kelas berdasarkan suhu ruang kelas sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Mojokerto, dan (2) mengetahui kenyamanan termal siswa di area bukaan jendela dengan orientasi bangunan sekolah menengah pertama di Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah 318 siswa sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner, thermo-hygrometer digital, serta observasi keadaan lingkungan kelas. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kenyamanan termal bangunan kelas tidak nyaman digunakan untuk aktivitas pembelajaran terutama pada pukul 10.00-12.00, dan (2) ada perbedaan kenyamanan termal bangunan kelas berdasarkan orientasi bangunan. Siswa merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi termal pada area bukaan jendela kelas yang menghadap ke arah datangnya sinar matahari yaitu arah Timur. Sedangkan, area bukaan jendela kelas yang berorientasi ke arah Utara memiliki kondisi termal paling nyaman.

Kata-kata kunci: kenyamanan termal, bangunan sekolah, orientasi bangunan.

Abstract: This study aims to (1) find out the thermal comfort of students in the classroom based on the temperature of the junior high school classroom in Mojokerto regency, and (2) to know the thermal comfort of students in the window opening area with the orientation of the junior high school building in Mojokerto regency. The research method used in this research is descriptive quantitative. The research subjects were 318 junior high school students in Mojokerto regency. Data collection techniques using questionnaires, digital thermo-hygrometer, and observation of classroom environment. The analysis used is descriptive analysis. The result of the research showed that (1) thermal comfort of class building is not comfortable for learning activity especially at 10.00-12.00, and (2) there is thermal comfort difference of class building based on building orientation. Students feel very uncomfortable with the thermal conditions in the window opening area of the class facing toward the direction of the sun is the East direction. Meanwhile, the classroom-oriented window-opening area of the North has the most comfortable thermal conditions

Key Words: Thermal comfort, school buildings, building orientation.