PENANAMAN DAN PENINGKATAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA SMK MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH BERBASIS KARAKTER

Sugiyanto Made Wena

Abstract


Abstrak:Beberapa hasil penelitian dan hasil ujian nasional SMK dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih belum meningkat secara signifikan. Studi TIMSS dan PISA sejak tahun 1999 sampai kini juga menunjukkan bahwa capaian anak-anak Indonesia dalam bidang sains tidak menggembirakan. Pada pihak lain implementasi pendidikan karakter di SMK juga masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Berdasarkan atas pengamatan lapangan menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia belum berjalan dengan baik. Hal ini nampak dari berbagai kejadian perilaku siswa yang mencerminkan budaya tidak berkarakter. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan bahan ajar yang memungkinkan memiliki dampak positif pada pengembangan kognitif dan karakter siswa. Berdasarkan beberapa kajian teoritik dan empirik strategi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan pengembangan bahan ajar menggunakan metode pembelajaran Pemecahan Masalah berbasis karakter.

Kata-kata kunci: SMK, Bahan Ajar, Pemecahan Masalah. Karakter.

Abstract: Some of the results of national examination and examination results from year to year showed that student learning outcomes have not improved significantly. The TIMSS and PISA studies from 1999 to present also show that the achievements of Indonesian children in the field of science are not encouraging. On the other hand the implementation of character education in SMK also still has not shown satisfactory results. Based on field observations, it shows that the implementation of character education in educational institutions in Indonesia has not run well. This is evident from various student behavior events that reflect a culture of no character. Therefore, it is necessary to develop teaching materials that have a positive impact on the cognitive development and character of the students. Based on several theoretical and empirical studies the appropriate strategy to solve the problem is with the development of teaching materials using the method of character-based problem-solving learning.

Key Words: SMK, Instructional Materials, Problem Solving. Character