METODE BELAJAR TUNTAS BERBASIS MULTI MEDIA SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Priyono Priyono

Abstract


Abstrak:Perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat cepat, dan berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk pembelajaran di perguruan tinggi. Oleh karena itu, LPTK sebagai lembaga pendidikan bagi calon guru harus selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Perguruan tinggi perlu mengantisipasi permasalahan tersebut, agar kualitas pembelajaran meningkat. Salah satu metode yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan pembelajaran menggunakan strategi belajar tuntas (mastery learning) berbasis multimedia. Beberapa kajian teoritik dan empiris menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar tuntas dalam pembelajaran, telah terbukti mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi mahasiswa. Guna mempermudah memahami konsep-konsep pembelajaran yang bersifat rumit dan abstrak dilakukan melalui multimedia. Penggunaan multimedia dapat mempermudah mahasiswa untuk memahami konsep-konsep maupun teori yang bersifat abstrak. Penyajian isi pembelajaran melalui multimedia dapat memperjelas dan mengkongkritkan konsep-konsep sains, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa.

Kata-kata kunci: belajar tuntas, ,multimedia, kualias pembelajaran.

Abstract: The development of information technology takes place very quickly, and impact on all aspects of life including learning in college. Therefore, LPTK as an educational institution for prospective teachers should always innovate and improve the quality of learning in line with the development of information technology. Universities need to anticipate these problems, so that the quality of learning increases. One of the right methods to solve the problem is by developing learning using multimedia based learning strategy (mastery learning). Several theoretical and empirical studies have shown that the application of a complete learning strategy in learning has proven capable of developing students’ high-profile problem-solving abilities. In order to make it easier to understand the concepts of learning that are complex and abstract done through multimedia. The use of multimedia can make it easier for students to understand abstract concepts and theories. Presentation of the content of learning through multimedia can clarify and mengkongkritkan concepts of science, so easily understood by students.

Key Words: complete learning,, multimedia, learning quality