Pengaruh Citra Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Smesco Mart Al Hikam Malang)

M. Nizar Rojabi, Titis Shinta Dhewi

Abstract


Abstract: This study aims to determine how the effect of store image on customer loyalty partially, simultaneously, the coefficient of determination and effective contribution. This research used a quantitative approach, technique of random sampling, and a sample of 150 customers who've bought in Smesco Mart Al Hikam Malang at least twice. The conclusion is that the image of the store (X) has positive effect on customer loyalty (Y). Atmospheric store (X1), Merchandise (X2), clerk (X3), services (X4), and promotion (X5) positive effect on customer loyalty Smesco Mart Al Hikam Malang. Image stores accounted for 43.7%. Merchandise is effective as the biggest contributor to 12.30%. Keywords: Image Store, Atmospheric Store, Merchandise, Clerk, Service Promotion Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan secara parsial, simultan, koefisien determinasi dan sumbangan efektif. Menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik random sampling, dan sampel 150 pelanggan yang pernah membeli di Smesco Mart Al Hikam Malang minimal dua kali. Kesimpulannya bahwa citra toko (X) berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (Y). Atmosfer toko (X1), Merchandise (X2), pramuniaga (X3), pelayanan (X4), dan promosi (X5) berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Smesco Mart Al Hikam Malang. Citra toko menyumbang 43,7%. Merchandise sebagai penyumbang efektif terbesar 12,30%. Kata Kunci: Citra Toko, Atmosfer Toko, Merchandise, Pramuniaga, Pelayanan Promosi

Full Text:

PDF


EKOBIS juga melayani permintaan tukar menukar jurnal secara gratis sepanjang tirah masih memungkinkan.

Untuk penerbitan artikel pada Jurnal EKOBIS :
  1. Silahkan mengirimkan artikel anda yang relevan dengan Ekonomi Bisnis
  2. Kirimkan CV dan Artikel Anda ke jurnalekobis@um.ac.id
  3. Penulisan mengikuti Gaya Penulisan Jurnal Ekobis (Klik Disini)
  4. Konfirmasi penerimaan artikel (LOA) akan di kirimkan melalui email bisa langsung di ambil di ruang sekretariat jurnal di E4.108
  5. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbul-kan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.
  6. Jadwal penerimaan dan terbitan bisa di lihat di link berikut
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: FE-Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145, Gedung E4-108. email: jurnalekobis@um.ac.id
 
Profil Tim Jurnal Ekobis (Klik Disini)
Alamat Korespondensi (Klik Disini)

ISSN Online: 2528-0503

ISSN Cetak : 0853-7283

Kode BAR

This Journal indexed by:

 

 

Creative Commons License
Juranal Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Supported  by : Jurusan Manajemen FE UM