Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Dan Penggunaan Aktual Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Rila Anggraeni

Abstract


Abstract: This research aims to examine and analyze technology acceptance model which consist of perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use, and actual use on location based social networking service usage. The research population is Economics and Business Faculty of Brawijaya University students who are using location based social networking services. Research sample are 100 students who are using location based social networking services once a week at least. Sample determination considers purposive sampling while research data analysis using SEM-PLS utilizes WarpPLS 4.0. The results of the research indicate perceived ease of use has positive and significant effect on intention to use, perceived usefulness has positive and significant effect on intention to use, and intentionto use haspositive and significant effect on actual use.

 

Keywords: location based social networking service, perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use, actual use

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis model penerimaan teknologi yang teridiri atas variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, niat penggunaan, dan penggunaan aktual dalam penggunaan layanan jejaring sosial berbasis lokasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Brawijaya Malang yang pernah menggunakan layanan jejaring sosial berbasis lokasi (location based social networking service). Sampel penelitian yaitu 100 mahasiswa yang menggunakan layanan jejaring sosial berbasis lokasi minimal sekali dalam seminggu.  Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan SEM-PLS dengan WarpPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan, persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan, dan niat penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aktual layanan jejaring sosial berbasis lokasi.

 

Kata Kunci : layanan jejaring sosial berbasis lokasi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, niat untuk menggunakan, penggunaan aktual


Full Text:

PDF


EKOBIS juga melayani permintaan tukar menukar jurnal secara gratis sepanjang tirah masih memungkinkan.

Untuk penerbitan artikel pada Jurnal EKOBIS :
  1. Silahkan mengirimkan artikel anda yang relevan dengan Ekonomi Bisnis
  2. Kirimkan CV dan Artikel Anda ke jurnalekobis@um.ac.id
  3. Penulisan mengikuti Gaya Penulisan Jurnal Ekobis (Klik Disini)
  4. Konfirmasi penerimaan artikel (LOA) akan di kirimkan melalui email bisa langsung di ambil di ruang sekretariat jurnal di E4.108
  5. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbul-kan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.
  6. Jadwal penerimaan dan terbitan bisa di lihat di link berikut
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: FE-Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145, Gedung E4-108. email: jurnalekobis@um.ac.id
 
Profil Tim Jurnal Ekobis (Klik Disini)
Alamat Korespondensi (Klik Disini)

ISSN Online: 2528-0503

ISSN Cetak : 0853-7283

Kode BAR

This Journal indexed by:

 

 

Creative Commons License
Juranal Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Supported  by : Jurusan Manajemen FE UM