Pengaruh Brand Exposure Dan Brand Experience Terhadap Brand Trust Dan Brand Recall (Studi pada Produk Smartphone di Wilayah Kota Malang)

Rony Arthana, Noermijati -, Christin Susilowati

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand exposure dan brand experience terhadap brand trust dan brand recall pada produk smartphone kategori high-end. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 200 responden pengguna smartphone kategori high-end di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: (1) berdomisili di Kota Malang; (2) telah berusia minimal 21 tahun; dan (3) menggunakan smartphone kategori high-end. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hubungan brand experience terhadap brand recall, brand experience terhadap brand trust, brand trust terhadap brand recall dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada hubungan brand exposure terhadap brand recall dan brand exposure terhadap brand trust. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa brand trust memediasi secara signifikan hubungan antara brand experience dan brand recall, dan brand trust tidak memediasi secara signifikan hubungan antara brand exposure dan brand recall.

Kata kunci: brand exposure, brand experience, brand trust, brand recall

Abstract: The aims of this study was to determine the influence of brand exposure and brand experience on brand trust and brand recall on high-end smartphone in Malang. The total samples of 200 users of high-end smartphone are used as respondend on this study, collected using purposive sampling technique with the following criteria: (1) domiciled in Malang; (2) have at least 21 years; and (3) using a high-end smartphone. Data analysis techniques used in this study is Partial Least Square (PLS) with SmartPLS 2.0. The results of this study indicate that there is significant influence on the relationship between brand experience to brand recall, brand experience to brand trust, and brand trust to brand recall. This study also found that there is no significant influence on the relationship between brand exposure to brand recall and brand exposure to brand trust. In addition, the results of this study also showed that brand trust is significantly mediate the relationship between brand experience to brand recall, and brand trust is not significantly mediate the relationship between brand exposure to brand recall.

Keywords: brand exposure, brand experience, brand trust, brand recall


Full Text:

PDF


EKOBIS juga melayani permintaan tukar menukar jurnal secara gratis sepanjang tirah masih memungkinkan.

Untuk penerbitan artikel pada Jurnal EKOBIS :
  1. Silahkan mengirimkan artikel anda yang relevan dengan Ekonomi Bisnis
  2. Kirimkan CV dan Artikel Anda ke jurnalekobis@um.ac.id
  3. Penulisan mengikuti Gaya Penulisan Jurnal Ekobis (Klik Disini)
  4. Konfirmasi penerimaan artikel (LOA) akan di kirimkan melalui email bisa langsung di ambil di ruang sekretariat jurnal di E4.108
  5. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbul-kan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.
  6. Jadwal penerimaan dan terbitan bisa di lihat di link berikut
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: FE-Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145, Gedung E4-108. email: jurnalekobis@um.ac.id
 
Profil Tim Jurnal Ekobis (Klik Disini)
Alamat Korespondensi (Klik Disini)

ISSN Online: 2528-0503

ISSN Cetak : 0853-7283

Kode BAR

This Journal indexed by:

 

 

Creative Commons License
Juranal Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Supported  by : Jurusan Manajemen FE UM