PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. WITEL JATIM SELATAN MALANG

Yollanda Swagaretha K, Agung Winarno, Lohana Juariyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan  (1) Mendeskripsikan kepuasan kerja, keterlibatan kerja dan OCB karyawan; (2) Mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap OCB karyawan; (3) Mengetahui pengaruh keterlibatan kerja terhadap OCB karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Witel Jatim Selatan Malang sejumlah 116 karyawan dengan sampel sebanyak 90 karyawan yang ditentukan berdasarkan teknik  proportionate random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dan teknik analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kepuasan kerja dan OCB karyawan dalam kategori sangat tinggi, dan tingkat keterlibatan kerja dalam kategori tinggi, (2) Kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap OCB karyawan; (3) Keterlibatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap OCB karyawan.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Keterlibatan Kerja, OCB

Abstract:The aim of this research are (1) To describe employees’ Job Satisfaction, Job Involvement and OCB; (2) To know whether there is an effect toward job satisfaction to OCB; (3) To know whether there is an effect toward job involvemant to OCB. This study used quantitative research approach. The population in this reasearch were all employees of PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, East Java Region South Malang, with total 116 employees with the sample used as many as 90 employees. The research instrument using a likert scale and proportionate random sampling technique. Data analysis used multiple linear regression analysis. The results showed: (1) the level of job satisfaction and OCB included in extremely high category, and the level of job involvement included in high category. (2) Job satisfaction effect were positive and significantly on OCB; (3) Job Involvement effect were positive and significantly on OCB.

Keywords : Job Satisfaction, Job Involvement, OCB



Full Text:

PDF


EKOBIS juga melayani permintaan tukar menukar jurnal secara gratis sepanjang tirah masih memungkinkan.

Untuk penerbitan artikel pada Jurnal EKOBIS :
  1. Silahkan mengirimkan artikel anda yang relevan dengan Ekonomi Bisnis
  2. Kirimkan CV dan Artikel Anda ke jurnalekobis@um.ac.id
  3. Penulisan mengikuti Gaya Penulisan Jurnal Ekobis (Klik Disini)
  4. Konfirmasi penerimaan artikel (LOA) akan di kirimkan melalui email bisa langsung di ambil di ruang sekretariat jurnal di E4.108
  5. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbul-kan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.
  6. Jadwal penerimaan dan terbitan bisa di lihat di link berikut
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: FE-Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145, Gedung E4-108. email: jurnalekobis@um.ac.id
 
Profil Tim Jurnal Ekobis (Klik Disini)
Alamat Korespondensi (Klik Disini)

ISSN Online: 2528-0503

ISSN Cetak : 0853-7283

Kode BAR

This Journal indexed by:

 

 

Creative Commons License
Juranal Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Supported  by : Jurusan Manajemen FE UM