Hubungan antara Efektivitas Bimbingan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing dengan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL IKIP Malang

Suprihadi Saputro, Joseph Mbulu, I Wayan Sutama

Abstract


 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) bertujuan menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki kemampuan pribadi, sosial dan profesional. Mahasiswa dipersiapkan sedini mungkin untuk memiliki kualifikasi calon guru yang profesional melalui praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilaksanakan secara terpadu dan terbimbing. Dalam PPL, mahasiswa dibimbing oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan guru pamong sangat efektif, pelaksanaan PPL mahasiswa cukup baik, dan bimbingan dosen pembimbing juga sangat baik. Efektivitas bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing ternyata dapat meningkatkan kemampuan mengajar para mahasiswa.