Hubungan CBSA dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Kodya Blitar

Sutji Rahaju

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan CBSA dan motivasi berprestasi serta hasil belajar di Kodya Blitar, dan untuk menguji hubungan antara CBSA dengan hasil belajar, antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar, serta antara CBSA dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar. Populasi adalah siswa SD kelas V Kodya Blitar tahun 1993/1994. Sampling dilakukan secara rambang purposif berstrata. Data dianalisis dengan uji t, korelasi momen tangkar dan analisis regresi. Ditemukan bahwa CBSA dan motivasi berprestasi siswa di Kepanjen Kidul lebih tinggi dibandingkan di Sanan Wetan dan Sukorejo. Hasil belajar siswa di Sanan Wetan lebih tinggi dibandingkan di Kepanjen Kidul dan Sukorejo. Ada hubungan positif antara CBSA dengan hasil belajar, antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar, serta antara CBSA dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar.