ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 24, No 1 (1997)
>
Kuswandi
Pengembangan Model Pembelajaran IPS yang Menggunakan Masyarakat sebagai Sumber Belajar
Dedi Kuswandi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hal-hal yang mendasari upaya guru dalam mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran IPS yang menggunakan masyarakat sebagai sumber belajar. Dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan terhadap subjek penelitian yang berjumlah dua orang guru SD Kelas V di wilayah Dayeuhkolot Bandung. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IPS yang menggunakan masyarakat sebagai sumber belajar dapat menjadi aset penting dalam membina murid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penguasaan bahan, pemberian pengalaman langsung dan nyata, melatih dasar-dasar kegiatan ilmiah sederhana, serta mengembangkan aspek nilai, sikap dan moral yang dibutuhkan untuk membina kepribadian siswa.