ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 24, No 2 (1997)
>
Hadis
Pengembangan Paket Permainan Simulasi Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abdul Hadis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket permainan simulasi bimbingan belajar (PPSBB) dan menguji secara empirik keefektifan PPSBB sebagai teknik bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan observasi dan tes sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara kualitatif, kuantitatif (persentase), dan analisis kecenderungan dengan uji rerata. Hasilnya menunjukkan bahwa PPSBB yang dikembangkan menurut model Heinich dengan isi lima indikator motivasi belajar Anderson dan kawan-kawan, dan strategi pelaksanaan berdasarkan teori behavioristik-motivasi dan operant conditioning dapat digunakan sebagai teknik bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SLTP.