UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI POLOWIJEN 02 KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Farizal Fetrianto, Sulistyorini Sulistyorini

Abstract


Abstract: The research objective of this class action is to improve the skills of passing under volleyball in teaching Physical Education, Sport and Health at the sixth grade elementary school Polowijen 02 Blimbing district of Malang by using the method of play. This research is a classroom action research with qualitative descriptive approach. This classroom action research was done using two cycles and each cycle consists of four phases: (1) planning, (2) implementation, (3) observation (observation), and (4) reflection. Subjects in this study were 30 six graders Polowijen 02 Blimbing district Negeri Malang. The results showed an increase in students' skills in doing passing down after learning by using the method of play. Classroom action research was conducted in two cycles, ie three meetings in cycles 1 and one meeting in cycle 2. The success rate of students in cycle 1 meeting 1, 2, and 3 is 66.4%; 79.8%; 90% and in cycle 2 as much as 90.3%. The conclusion is to use the method of learning can play in improving the skills of passing under six graders Polowijen 02 Blimbing district Negeri Malang.

Keywords: under pass, play method

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriftif kulitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, yaitu tiga pertemuan di siklus 1 dan satu pertemuan di siklus 2. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus 1 pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu 66,4%; 79,8%; 90% dan pada siklus 2 sebanyak 90,3%. Kesimpulannya adalah dengan penggunaan metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan passing bawah siswa kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Kata kunci: passing bawah, metode bermain

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.