ADAPTASI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK AUTIS

Pamuji Pamuji

Abstract


Autism is a developmental disorder of the brain function condition (brain nerve cells) that can affect all aspects of the individual development. Being different among others, the children with autism require special facilities to be able to learn. This paper aimed at identifying the images learning media and  explaining how it was used in order to enhance the learning activity in the classroom. Image Instructional media is a medium that can visualize information, messages, values and skills for the students. The images
media will be more used effectively for the students with visual learning type. In the field, the children with autism are known as children with visual learn. They can understand the information, act and do something like what they see. The children with autism are interested in colored object, specific shaped
and textured. This interest can be used in learning activities and directed learning activities. Based on the description, What type of the images media and how to use it so that the learning activities of children with autism can be increased.

 


Autis merupakan kondisi gangguan perkembangan fungsi otak (sel saraf otak) yang dapat mempengaruhi hampir semua aspek perkembangan individu.Cara belajar anak autis berbeda dengan aktivitas belajar anak pada umumnya.Mereka memerlukan fasilitas khusus untuk bisa belajar. Penulisan makalah ini bertujuan mengidentifikasi media gambar dan menjelaskan cara menggunakan media tersebut agar dapat meningkatkan akvitas belajar anak autis dalam kelas. Media pembelajaran gambar merupakan media yang dapat memvisualisasikan informasi, pesan, nilai dan keterampilan kepada anak didik. Media gambar akan lebih efektif digunakan jika anak didik bertipe belajar visual. Di lapangan anak autis diketahui sebagai anak yang bertype belajar visual.Anak dapat memahami informasi, berbuat dan mengerjakan sesuatu seperti yang dilihatnya.Disamping itu anak autis tertarik pada objek berwarna, berbentuk dan bertekstur tertentu.Ketertarikan anak pada objek tersebut dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran dan mengarahkan kegiatan belajar. Berdasarkan uraian diatas bahwa media gambar seperti apa dan bagaimana cara menggunakannya sehingga aktivitas belajar anak autis dapat meningkat


Keywords


media gambar; anak autis; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Azwandi, Y. (2005). Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta:

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Ari M. D. Kecerdasan Berganda pada Penderita Autisme. Tersedia di http://www.parenting.co.id/articledetail

asp?catid=2&id=12&view.com ent=1.

Ginanjar, A. S. (tanpa tahun). Penanganan Terpadu Bagi Anak Autis.

Rainbow Centre Training and Consultancy. (2009). Cours Hand Book-Special Education Needs Teacher Cours Autism Spectrum Dosirder. Singapore: Rainbow Centre.

-------------- (2002).Helping Our Children Reach Their Fullest Potential. Singapore: Rein-bow Centre

Delphie, B. (2003). Pendidikan Anak Autistik. PT. Intan Sejati Klaten: Sleman.

Hadis, A. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.

Hidayat., & Musjafak, A. Identifikasi Dan Asesmen Anak Autis & Layanan Pendidikannya. http://www.google.co.id/search?g=peran+guru+dalam+mendidik+anak+aut

is+pdfhl=idclient=firediunduh tanggal 31 Maret 2011.

Marijani, L. (2003). Bunga Rampai: Seputar Autisme dan Permasalahannya. Putera Kembara Foundation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View "Journal Ortopedagogia" Statistics