KONTRIBUSI PENGALAMAN PRAKERIN, WAWASAN DUNIA KERJA DAN KOMPETENSI KEJURUAN MELALUI EMPLOYABILITY SKILL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESIAPAN KERJA LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI PROBOLINGGO

Ega Putriatama, Syaad Patmanthara, R.M Sugandi

Abstract


This study aimed to explain the relationship between independent variables, intervening variable and dependent variable, namely prakerin experience (X_1), insight to work world (X_2), honesty competence (X_3), employability skill (X_4), and work readiness (Y) with the subject of students SMK in Probolinggo. This study is included in quantitative research. Analysis technique used was path analysis with trimming mode. Population of this research were all students SMK in the City and District of Probolinggo grade XII TKJ academic year 2015-2016. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) prakerin experience, insight to world of work, honesty competence, employability skill and work readiness of students SMK in the City and District of Probolinggo is included into good category  (2) There is a significant influence and positive between prakerin experience, work world insight and honesty competence towards employability skill; (3) There is a significant influence between prakerin experience, work world insight and honest competence towards work readiness through employability skill.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel bebas, variabel intervening dan variabel terikat, yaitu pengalaman prakerin (X_1), wawasan dunia kerja (X_2), kompetensi kejuruan (X_3), employability skill (X_4), dan kesiapan kerja (Y) dengan subjek siswa SMK di Probolinggo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan model trimming. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kota dan Kabupaten Probolinggo kelas XII TKJ tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian  dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) pengalaman prakerin, wawasan dunia kerja, kompetensi kejuruan, employability skill dan kesiapan kerja siswa SMK di kota dan kabupaten probolinggo berada dalam katergori baik (2) terdapat Pengaruh yang signifikan dan positif antara pengalaman prakerin, wawasan dunia kerja dan kompetensi kejuruan terhadap employability skill; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman prakerin, wawasan dunia kerja dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja melalui employability skill.


Keywords


internship experience; working world insight; vocational competence; employability Skill; working readiness; pengalaman prakerin; wawasan dunia kerja; kompetensi kejuruan; employability skill; kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References


Hasanah, F. 2015. Kontribusi Keterlibatan Siswa di Unit Produksi/Jasa dan Employablity Skill terhadap Self Efficacy Serta

Dampaknya Pada Miat Bekerja Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Malang Raya. Tesis

tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Oktavia, M. dkk. 2014. Kontribusi Pengalaman Prakerin dan Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

Industri Siswa Program Teknik Komputer dan Jaringan Kelas XII di SMK N 2 Padang Panjang. Jurnal Vokasional Teknik

Elektronika dan Informatika. Vol 2 No 1 2014.

Pardjono. 2011 Peran Industri dalam Pengembangan SMK. (Online), (http:// staff.uny.ac.id/ system/ files/ pengabdian/ prof-drs-

pardjono-msc-phd/ peran-dudi-utk-smk.docx), diakses 15 Desember 2012.

Sari, D. 2014. Hubungan Wawasan Unia Kerja dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja pada Siswa SMK

Program Keahlian Teknologi Informasi di SMKN 1 Turen, SMKN 2 Turen, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dan SMK

NU Sunan Ampel. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sudjimat. D. A. 2013. Pengembangan Kecakapan Kemampuan Kerja untuk Meningkatkan Kualitas SDM Unggul Abad XII.

Malang: UM Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno. 2008. Employability Skill dan Pengaruhnya terhadap Pengasilan Lulusan SMK Teknologi Industri. Jurnal

Kependidikan (Penerbit: LPPM UNY bekerjasama dengan MPPI), (Online), 38(1), (http://jurnal.uny.ac.id), diakses 2

September 2015.

Susanti. 2015. Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kualitas Guru, Kesesuaian, dan Hasil Prakerin terhadap Employability Skills

Siswa SMK. Malang. Teknologi dan Kejuruan, Vol. 38, No. 2, September 2015: 121—132.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online),

(http/riau.kemenag.go.id), diakses 3 November 2015.

Wahyuni, T. 2013. Kontribusi Pengalaman Prakerin dan Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Industri

Siswa Program Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal VOTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika).

Vol 2, No 2, 2013.

Yulianti, D. 2014. Hubungan Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Keahlian dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja pada

Siswa Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License