Identifikasi Kesalahan Konsep dalam Belajar Fisika bagi Siswa-Siswa SMA Kabupaten dan Kotamadya Blitar

Kadim Masjkur

Abstract


Penelitian ini telah dilaksanakan di 5 SMA Negeri Kabupaten dan Kotamadya Blitar dengan maksud untuk mengungkap adanya kesalahan konsep fisika bagi para siswa. Hasil penelitian cukupo mengejutkan. Diperoleh skor rata-rata kesalahan konsep sebesar 16, 74. Ini berarti dari 20 butir soal yang dikerjakan rata-rata telah mencapai taraf kesalahan 82,5%. Diantara butir-butir yang dijawab salah, 9 diantaranya dapat diidentifikasikan konsep-konsep (salah) yang mengganggu pemikiran siswa. Penelitian juga sampai pada temuan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kesalahan konsep fisika antara siswa dari program A-1 dan A-2. Ini berarti bahwa kesalahan konsep tidak secara dominan dipengaruhi oleh perbedaaan jumlah jam pelajaran tiap minggu.