PERSEPSI GURU SD TENTANG BERBAGAI PENDEKATAN, METODE, DAN PENILAIAN SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Endang Widi Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru tentang pendekatan dan metode dan penilaian proses dan hasil belajar IPA. Sampel penelitian adalah 35 guru kelas 5 atau sebanyak 44,87% dari 78 SD. Pengumpulan data dengan angket atau kuesioner terbuka. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) masih banyak guru SD yang belum memahami tentang berbagai pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran IPA; (2) sudah banyak guru yang sudah memahami tentang berbagai metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA; (3) kemampuan berpikir siswa kelas 5 SD rendah dan siswa malas berpikir; (4) sudah ada guru yang berusaha melakukan penilaian berpikir melalui pemberian tugas atau PR dalam bentuk soal subjektif; dan (5) masih banyak guru-guru yang belum mengerti dengan benar cara melakukan penilaian aspek afektif. Saran yang diberikan yaitu: (1) pihak Diknas lebih mengoptimalkan forum KKG dan (2) pihak Diknas lebih membuka peluang untuk berkolaborasi dengan pihak LPTK terdekat untuk melaksanakan PTK sebagai sarana meningkatkan kompetensi siswa, guru, dan semua pihak yang terkait.




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats