PENGEFEKTIFAN ASESMEN ALTERNATIF PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SDN JOMBATAN V JOMBANG

- Sugiran

Abstract


Secara umum penelitian ini bertujuan mengefektifkan asesmen alternatif dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SDN Jombatan V Jombang. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah (1) mengefektifkan asesmen alternatif pada prabaca; (2) mengefektifkan asesmen alternatif pada saat baca; (3) mengefektifkan asesmen alternatif pada pascabaca. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SDN Jombatan V Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catatan anekdot, catatan lapangan, observasi, wawancara, dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengefektifan asesmen alternatif pada pembelajaran membaca permulaan dapat berhasil dengan baik. Keefektifan tersebut tercermin pada saat kegiatan prabaca, saat baca, dan pascabaca.




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats