IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MELALUI PENDEKATAN KETERPADUAN

- Jazimah

Abstract


Pembelajaran terpadu merupakan salah satu pendekatan yang dirancang untuk satu pelajaran atau melibatkan beberapa mata pelajaran dalam rangka memberikan pengalaman bermakna kepada anak. Model keterpaduan merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi. Model ini dilaksanakan dengan cara menggabungkan bidang studi dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep, dan sikap yang saling tumpang-tindih di dalam beberapa bidang studi. Dalam kurikulum 2004 dan KTSP dimungkinkan adanya pengembangan silabus tematis. Pengembangan silabus ini disusun berdasarkan jaringan hasil belajar atau jaringan indikator. Salah satu mata pelajaran di sekolah dasar adalah Pendidikan Agama Islam. Mata pelajaran ini dapat dipadukan dengan mata pelajaran lain di sekolah dasar, seperti Sain, Bahasa Indonesia, dan Kertakes. Dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam terdapat tema-tema yang dapat dipadukan dengan mata pelajaran lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan agama dapat dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan keterpaduan.

Keywords


Pembelajaran Terpadu, Model Keterpaduan, Pendidikan Agama.




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats