PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN KOGNITIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS 5 SDN PALANGKA 6 PALANGKARAYA

- Rantian

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, pengelolaan pembelajaran, keterampilan afektif siswa, respon siswa, dan keterampilan kognitif siswa. Metode penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pelaksanaannya mencakup langkah penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan,  observasi tindakan, dan refleksi atas tindakan yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kognitif siswa. Nilai rata-rata pretes 30,5 dan nilai postes 70,5. Persentase aktivitas guru yang dominan adalah membimbing siswa membahas LKS selama diskusi kelompok asal 37,5%, aktivitas siswa yang dominan membahas LKS dalam kelompok asal (18,9%). Aktivitas guru dan siswa lainnya mencerminkan pelaksanaan model kooperatif tipe Jigsaw terlaksana dengan baik. Pengelolaan pembelajaran terlihat bahwa guru cukup baik dan terampil menggunakan model pembelajaran kooperatif. Begitu juga dengan respon siswa terhadap proses pembelajaran bahwa mereka merasa senang dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Keywords


keterampilan berpikir, jigsaw.




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats