PENERAPAN BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK TK PKK BANDULAN KOTA MALANG

- Nichen, Usep Kustiawan

Abstract


Abstract : Drawing activity is one of the developmental aspects of art. Drawing is discovery capabilities with hand, scratching, sharpen scratching objects into other objects and coloring, and giving the development of the drawing. Drawing is a fun activity for children, because children could express their feelings, especially in kindergarten. This study was conducted to (1) describe the implementation of Brain Gym for pupils in group A, (2) describe the implementation of Brain Gym to pupils in group A TK PKK Bandulan Malang in improving drawing skills. This study used Classroom Action Research (CAR) with a qualitative approach. The study consisted of two cycles where each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study stated that the implementation of Brain Gym improve children’s drawing skills at group A TK PKK Bandulan Malang. 
Abstrak: Aktivitas Menggambar merupakan salah satu aspek pengembangan seni. Menggambar merupakan kemampuan-kemampuan penemuan dengan tangan, goresan, menajamkan goresan objek ke dalam objek lain dan memberikan warna, dan memberikan pengembangan pada gambar. Menggambar merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak, karena anak dapat mengekspresikan perasaan anak, khusunya di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini dilaksanakan untuk (1) menggambarkan penerapan Brain Gym pada anak-anak kelompok A, (2) menggambarkan penerapan Brain Gym di kelompok A TK Bandulan Malang dalam meningkatkan kemampuan menggambarnya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Brain Gym dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak-anak kelompok A TK PKK Bandulang Malang. 

Keywords


sistem pembelajaran sekolah, wawasan kewirausahaan