PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (“KEPALA BERNOMOR”) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 24 MALANG

Novalina Kartini, - Sutrisno, Tomas Iriyanto

Abstract


Abstrak: The research objectives; 1) Describe the implementation of numbered heads together learning model in increasing children’s cognitive abilities in group B TK ABA 24 Malang. 2) Describe increasing children’s cognitive abilities through implementation of (“numbered heads together learning model”) on children in group B TK ABA 24 Malang. The data collection techniques are documentation and observation process. Result of cognitive ability in the first cycle was 64,42% within good category, and the weakness will be reduced in second cycle. The result of observation and evaluation in second cycle increased, it was indicated with increasing 21,56% and include in very good category. 
Abstract : Tujuan penelitian 1). Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran numbered heads together (“kepala bernomor”) untuk meningkatkan  kemampuan kognitif  anak kelompok B di TK ABA 24 Malang. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak didik melalui penerapan model pembelajaran (“kepala bernomor”) anak kelompok B di TK ABA 24 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari proses observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (“kepala bernomor”) untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK ABA 24 Malang dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil perolehan dalam kemampuan kognitif pada siklus I adalah 64,42  % dengan kategori baik, dengan beberapa kekurangan yang diperbaiki pada siklus II. Hasil observasi dan penilaian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,56%, perolehan prosentase nilai pada siklus II yaitu 85,98% dengan kategori sangat baik. 

Keywords


sistem pembelajaran sekolah, wawasan kewirausahaan