PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KUALITAS PROSES, HASIL BELAJAR, DAN RETENSI HASIL BELAJAR

Fatimah Zahri

Abstract


Abstract: Acid-base topic consists of many concepts and calculations that are difficult to understand. The aim of the research is to know the influence of implementation of six phases learning cycle (LC-6) model for students’ learning process, learning outcome, and its’ retention. The research applies descriptive and quasi-experimental design using t-test for analyzing the data. The research findings are: 1) the quality of learning process in LC-6 is better than conventional learning model; 2) the learning outcome of students subjected to LC-6 is better than conventional learning model; and 3) the first and second retention tests indicate that the retention of students subjected to LC-6 is better than conventional learning model.

Abstrak: Topik asam-basa terdiri dari banyak konsep dan perhitungan yang sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi siklus belajar dari enam fase (LC-6) untuk kualitas proses belajar, belajar hasil, dan retensi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dan kuasi-eksperimental dengan t-tes untuk menganalisis data. Hasil penelitian adalah: 1) kualitas proses belajar di LC-6 lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; 2) hasil belajar siswa yang mengalami LC-6 lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, dan 3) retensi tes pertama dan kedua menunjukkan bahwa retensi siswa yang mengalami LC-6 lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.