PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA

Eka Restu Monawanti, - - Subandi, Surjani Wonorahardjo

Abstract


Abstract: One of chemistry topic taught at junior high school is addictive and psychotropics. The students’ ability to memorize the information on the topic could be improved using snake and ladder game. This game is complemented to Teams Games-Tournaments (TGT) type of cooperative learning. The development of game follows 4D-model from Thiagarajan. The results are: the developed game consists of cover, introduction, instruction for teachers and students, learning guidance, and list of questions and answers related to addictive and psychotropics. Students’ achievement on the topic through TGT method and  the game is higher than that using lecture method and students have positive perception about the instruction.  

Abstrak:  Salah satu topik kimia yang diajarkan di sekolah menengah pertama adalah zat adiktif dan psikotropika. Kemampuan siswa untuk mengingat informasi tentang topik ini dapat diperbaiki menggunakan permainan ular tangga. Permainan ini melengkapi pembelajaran kooperatif Teams Game Tournamen (TGT). Pengembangan permainan ular tangga mengikuti model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Hasilnya adalah permainan ular tangga yang dikembangkan terdiri dari sampul, pendahuluan, petunjuk permainan bagi guru dan siswa, panduan belajar, dan daftar pertanyaan dan jawaban terkait dengan zat adiktif dan psikotropika. Hasil belajar pada pembelajaran topik ini menggunakan TGT dan permainan ular tangga lebih tinggi dari yang menggunakan metode ceramah. Siswa memiliki persepsi positif tentang pembelajaran dengan TGT dan ular tangga.