PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA UMUM MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN STANDAR PROSES

- Muntholib

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to improve quality of learning process and students’ achievements of Experimental General Chemistry subject for chemistry students using ‘process standard’ of instructional design. ‘Process standard’ is a formal lesson design consisting minimum steps of learning process. This study used a classroom action research (CAR) design consisting of two cycles. The instruments of the study were pretests, worksheets, observation sheets of student activities, and posttests. The results showed that the ‘process standard’ instructional design could improve the quality of learning process and achievement of students. The normalized gain score of the research were 60.95% (cycle I) and 67.86 % (cycle II).

Abstrak: Perkuliahan tahun pertama merupakan masa transisi bagi pebelajar, dari kehidupan sekolah (SLTA) ke kehidupan kampus (PT).  Pada tahun pertama prestasi belajar mahasiswa untuk mata kuliah bidang studi seringkali kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar praktikum kimia umum mahasiswa tahun pertama menggunakan desain pembelajaran standar proses. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Instrumen penelitian ini terdiri atas pretes, lembar kerja, lembar pengamatan aktifitas mahasiswa, dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran standar proses dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa. Gain score ternormalisasi penelitian ini adalah 60,95% untuk siklus I (kecepatan reaksi) dan 67,86 % untuk siklus II (kesetimbangan kimia). Skor ini termasuk gain score ternormalisasi menengah atas.