PENGARUH TEKNIK PENILAIAN BERBASIS KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL SISWA SMA

Aswin Hermanus Mondolang

Abstract


Abstract: The Effects of Classroom-Based Assessment Techniques on Achievement in Physics by Controlling the Students Prior Knowledge. The objective of the research is to examine the effect of assessment technique based on  student the achievement of physics. The research method is experimental. The subject is class X SMA Kt. Aquino Manado. Analysis of data using techniques ANACOVA. Results of the  research conclude  that classroom-based assessment techniques more effective to increase student achievement in learning Physics. Recommended to teachers of physics should prioritiy projects or performance assessment technique in learning physics.

Abstrak: Pengaruh Teknik Penilaian Berbasis Kelas terhadap Hasil Belajar Fisika dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Siswa SMA. Penelitian bertujuan menguji pengaruh teknik penilaian berbasis kelas terhadap hasil belajar fisika. Metode penelitian adalah eksperimen. Subyek penelitian siswa kelas X SMA Kt. Aquino Manado. Analisis data menggunakan teknik ANAKOVA. Hasil penelitian: (1) Teknik penilaian berbasis kelas berpengaruh terhadap hasil belajar fisika, (2) hasil belajar fisika pada kelas dengan teknik penilaian proyek lebih tinggi daripada teknik penilaian tertulis, (3) hasil belajar fisika pada kelas dengan teknik penilaian proyek lebih tinggi daripada teknik penilaian kinerja, (4) hasil belajar fisika kelas dengan teknik penilaian kinerja lebih tinggi daripada teknik penilaian tertulis. Disarankan kepada guru fisika hendaknya memprioritaskan teknik penilaian proyek atau kinerja dalam pembelajaran fisika.